SPACE IKLAN

SPACE IKLAN

Kembangkan TWA Lejja, Bupati Soppeng Bersama BBKSDA Sulsel Lakukan Penandatanganan Kerja Sama

30 November 2023 | 20:00 WIB Last Updated 2023-12-03T12:14:01Z


KABARSULSEL.COM, SOPPENG - Pemerintah Kabupaten Soppeng menggelar Penandatanganan Kesepakatan Bersama (KB) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Bupati Soppeng dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Kamis (30/11/2023).


Perjanjian Kerja Sama ini dilandasi oleh komitmen bersama antara Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Soppeng untuk menjaga kawasan dan keanekaragaman hayati di TWA Lejja.


Serta penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini tentang Penguatan Fungsi Kawasan Pelestarian Alam melalui Dukungan Peningkatan Sarana Perlindungan dan Pengembangan Wisata Alam di TWA Lejja Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan.


Kepala BKSDA Sulsel, Ir. Jusman dalam sambutannya menyampaikan bahwa akan dilakukan penandatanganan dokumen PKS, yang merupakan komitmen bersama para pihak dalam menjaga kawasan dan keanekaragaman hayati di TWA Lejja. Dokumen PKS ini telah memiliki kekuatan hukum dan mengikat para pihak untuk melaksanakan kerja sama sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku.


"Komunikasi yang baik dan intensif wajib dibangun oleh para pihak, agar hambatan dan kendala yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan kerja sama dapat terselesaikan dengan baik,"tegasnya.


Tujuan kerja sama ini, kata dia, selain memperkuat fungsi kawasan pelestarian alam TWA Lejja melalui dukungan peningkatan sarana perlindungan dan pengembangan wisata alam menjadi tujuan ditandatanganinya perjanjian kerja sama yang berjangka waktu 5 (lima) tahun ini.


Dengan ruang lingkup yang meliputi dukungan kerja sama penguatan kelembagaan, dukungan kerja sama perlindungan dan pengamanan kawasan, dukungan kerja sama pengembangan wisata alam dan dukungan kerja sama pemberdayaan masyarakat.


Penandatanganan PKS melibatkan beberapa dokumen tambahan yang merupakan bagian dari kelengkapan administrasi kerja sama, seperti dokumen Kesepakatan Bersama, RPP, dan RKT.


Sementara itu, Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak menyampaikan, dalam rangka mengembangkan wisata alam Lejja ada beberapa hal yang dilakukan, di antaranya memudahkan akses jalan bagi masyarakat yang ingin kesana. Karena, Wisata Alam Lejja ini merupakan salah satu destinasi wisata provinsi yang memiliki keunikan tersendiri.


"Saya berharap semoga ke depan, dalam pengembangan wisata alam Lejja ini masih dapat diperluas. Tak hanya itu, kami juga berusaha membuat beberapa akses jalan lain agar dapat tembus dengan Kab. Barru,"harapnya.


"Dalam mengembangkan wisata alam Lejja ini, saya selalu menekankan agar melakukan kerja sama dan koordinasi dengan baik dengan pihak-pihak yang terkait,"tutupnya. (Dal)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kembangkan TWA Lejja, Bupati Soppeng Bersama BBKSDA Sulsel Lakukan Penandatanganan Kerja Sama

Trending Now