Iklan

Iklan

Inovatif Latemmamala 2023 Tampilkan Inovasi Daerah

05 Juni 2023, 13:22 WIB Last Updated 2023-06-10T05:28:48Z


SOPPENG
- Pameran dan Presentasi Inovatif Latemmamala Tahun 2023 lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng yang dilangsungkan di Aula kantor gabungan dinas Kabupaten Soppeng, Senin, 05 Juni 2023


Kepala Bappelitbangda Kabupaten Soppeng Andi Agus Nongki, S. IP., M. Si dalam laporannya mengatakan,

Dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT, akhirnya Bappelitbangda Kabupaten Soppeng yang pertama kalinya dapat mewujudkan penyelenggaraan Pameran dan Presentasi Inovasi Daerah. 


"Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah dan memiliki arti sangat penting untuk memotivasi ASN, perangkat daerah dan masyarakat dengan tujuan mendorong terciptanya budaya inovasi di Kabupaten Soppeng.


"Lomba Inovasi Daerah adalah kegiatan penjaringan dan pendataan inovasi daerah, seleksi, penilaian dan pemberian penghargaan Inovatif Latemmamala yang diberikan kepada yang masuk TOP 6 Inovasi Daerah. 


"Penjaringan Inovasi Daerah dilakukan dengan menghimpun laporan inovasi daerah yang disampaikan oleh para inovator melalui aplikasi Sistem Informasi Data Base Riset dan Inovasi Daerah (SIMDARA).


"Inovasi yang lahir diharapkan mampu mendorong peningkatan daya saing, kemandirian dan pertumbuhan ekonomi. 


"Selain itu, inovasi juga diharapkan mampu menjadi solusi berbagai permasalahan pembangunan di Kabupaten Soppeng. 


"Kegiatan pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng yang sudah ditetapkan oleh Kepala Daerah dan perlu dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah/program dan kegiatan Perangkat Daerah dan dianggarkan dalam APBD serta pendanaan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


"Pemenang Lomba Inovasi Daerah akan memperoleh apresiasi dari Bapak Bupati Soppeng berupa Trophy, sertifikat dan uang pembinaan.


Sementara itu, Kepala Pusat Inovasi Pemerintahan Dalam Negeri, Mardyanto Wahyu Tryatmoko, Ph.D dalam sambutannya mengatakan,

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi atas sambutannya kepada kami, dimana saya melihat kreatifitas dan dorongan inovasi yang luar biasa di Soppeng ini. 


"Suasana seperti ini merupakan suatu momentum untuk mendorong dan meningkatkan inovasi daerah yang memiliki tahapan-tahapan, tapi saya yakin dengan pengembangan inovasi seperti ini semua tahapan dapat dilalui. 


"Saya berharap inovasi yang ada di Kab. Soppeng  bukan hanya untuk memenuhi target tapi juga benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 


"Oleh karena itu kita harus meningkatkan daya saing dari berbagai aspek. Namun yang terpenting adalah dalam berinovasi terlebih dahulu harus didukung dengan melakukan riset terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi OPD, sehingga outputnya nanti benar-benar memotret kebutuhan masyarakat.


"Ini menjadi tantangan bagi kita semua bukan hanya di daerah tapi pusat, dan kami dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) akan melakukan pembinaan tentang apa yang perlu dilakukan untuk mematangkan inovasi yang Bapak/Ibu usulkan.


Dalam kegiatan yang sama, Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP sekaligus membuka acara secara resmi dalam sambutannya mengatakan," Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Soppeng, saya menyampaikan apresiasi dan dan penghargaan yang setinggi-tingginya  atas kehadiran Tim penilai dan BRIN. 


"Saya ucapkan selamat datang di Bumi Latemmamala. Kab. Soppeng.


"Pelaksanaan pameran inovasi daerah ini, merupakan sarana yang sangat baik untuk menjadi ajang sosialisasi dan penjaringan inovasi, sehingga dapat memacu ASN, Perangkat Daerah dan anggota masyarakat untuk terus menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. 


"Patut disyukuri Tim Penilai dari BRIN hadir menyaksikan langsung kegiatan pameran inovasi ini. 

"Dan Insya Allah hari ini kita akan mendapatkan pengakuan dari BRIN sehingga tidak ada keraguan karena semua inovasi yang di Soppeng dilatarbelakangi oleh Riset.


"Dengan adanya pameran inovasi, saya sangat berharap Kabupaten Soppeng memiliki terobosan inovasi yang terus menerus dan bisa menjawab kebutuhan zaman, oleh karena itu kami mohon bimbingan, bantuan dan dorongan dari BRIN. 


"Jika ada hal yang perlu dioptimalkan, kami siap bekerja kalau perlu kita dapat membuat sejarah baru di Kabupaten Soppeng.


"Alhamdulilllah patut kita syukuri 2 tahun terakhir ini Indeks Inovasi Daerah Kabupaten Soppeng mengalami peningkatan, tahun 2021 dengan point 35,48 (Kategori Kabupaten Inovative) meningkat pada tahun 2022 menjadi 53,02 point dengan kategori yang sama yaitu Kategori Kabupaten Inovative dengan peringkat ke 115, sehingga menempati TOP 4 Kabupaten Inovatif se-Sulawesi Selatan.

Komentar

Tampilkan

  • Inovatif Latemmamala 2023 Tampilkan Inovasi Daerah
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan