Iklan

Iklan

Hari Lahir Pancasila 1Juni , ini Pesan Wabup Soppeng

01 Juni 2023, 13:04 WIB Last Updated 2023-06-10T05:28:49Z


SOPPENG
- Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP menghadiri dan menjadi Pembina/inspektur Upacara hari lahirnya Pancasila yang di langsungkan di Makodim 1423 Soppeng, Kamis 1 Juni 2023.

Kegiatan Hari Lahir Pancasila tingkat kabupaten Soppeng ini di hadiri Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Para PJU Polres Soppeng, para perwira Kodim 1423 Soppeng, para anggota Forkompinda, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Soppeng, para pimpinan instansi vertikal, BUMN dan BUMD.


Mengawali Sambutannya, Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP mengatakan, "Sebagai warga negara Indonesia, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan, ujarnya.


"Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika, terang Wabup.


"Peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia yakni "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

"Sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong-royong dan bersatu padu, ungkap Wabup Soppeng.

Wabup Soppeng menuturkan bahwa, "Saat ini, banyak sekali upaya sistematis dan terus- menerus yang dilaksanakan oleh para oknum untuk menggerus nilai-nilai Pancasila.

"Fenomena intoleransi dan polarisasi di tengah masyarakat terus mengemuka.


"Selain itu perbedaan suku, agama, ras, dan golongan juga terus diangkat guna memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.


"Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin berpesan kepada kita semua yang hadir ditempat ini

untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila, ucap Wabup


Diakhir sambutannya, Wabup Soppeng menekankan bahwa, yang harus di pedomani dan laksanakan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila yaitu :


"Pertama, kita sebagai warga negara Indonesia bersama unsur TNI dan Kepolisian adalah garda terdepan dan benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Tonjolkan persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan kita sehari-hari baik dalam kedinasan maupun ketika kita berbaur dengan masyarakat.


"Ketiga, tetap menjalin sinergitas antara Pemerintah Daerah, TNI, Kepolisan, Kementerian, serta Lembaga lainnya bersama dengan seluruh masyarakat serta kita harus sadar bahwa kita adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat untuk bekerjasama, bersinergi dan bergotong-royong, pungkas Wabup Soppeng Lutfi Halide.


Komentar

Tampilkan

  • Hari Lahir Pancasila 1Juni , ini Pesan Wabup Soppeng
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan