Iklan

Sabtu, 18 September 2021, 02:08 WIB

Tersisa 16 Kasus Aktif, Safaruddin Ajak Masyarakat Terapkan 5M


KABARSULSEL.COM, WAJO
- Kasus penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Wajo terus menunjukkan trend positif. Hal itu berdasarkan tingginya angka kesembuhan dan sedikitnya kasus aktif yang ada. Meski masih ada satu dua tambahan kasus dalam tiga hari terakhir.


“Alhamdulillah, untuk hari ini tidak ada kasus baru dan tujuh pasien dinyatakan sembuh,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wajo, Safaruddin, Sabtu (18/09/2021).


Dengan kesembuhan ketujuh pasien tersebut, kini tersisa 16 kasus aktif di Wajo. Dengan rincian, 4 orang masih dirawat dan 12 orang menjalani isolasi.


“Kita berdoa, semoga semua pasien yang saat ini masih dirawat dan menjalani isolasi cepat sembuh, sehingga kita bisa zero kasus dan kembali ke zona hijau,” harapnya.


Dengan kasus tersebut, Kabupaten Wajo berstatus zona kuning atau zona risiko rendah dalam peta risiko penyebaran kasus Covid-19 setelah sebelumnya sempat zona merah.


Meski penyebaran kasus Covid-19 mulai melandai, Kabid Humas Pemkab Wajo ini tetap mewanti-wanti masyarakat untuk waspada, terlebih lagi dengan kemunculan varian baru Covid-19 jenis Mu.


“Ayo konsisten kita terapkan protokol kesehatan 5 M, apalagi saat ini kasus Covid-19 terus bermutasi, mari saling menjaga. Dan tentu saja kita mewaspadai varian baru Mu,” imbaunya.


Menerapkan 5M yakni, memakai masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.


Selain itu, Safar juga meminta warga untuk melakukan vaksinasi Covid-19, untuk meningkatkan kekebalan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona.


“Jangan lengah, karena kita tidak tahu kapan gelombang pandemi akan berakhir, dan tentunya kita tetap mewaspadai varian baru Covid-19,” pesannya.


Sejak kasus ini mewabah tahun lau, total kasus Covid-19 di Bumi Lamaddukelleng mencapai 1.441 orang, sembuh 1.356 dan meninggal 69 orang. (Adv)