Iklan

Rabu, 15 September 2021, 21:28 WIB

Firman Sebut Pelatihan Program Pamsimas Sudah Sentuh 24 Desa di Soppeng


KABARSULSEL.COM, SOPPENG
- Asisten Perekonomian dan Pembangunan Soppeng, Firman membuka pelatihan peningkatan kapasitas bagi Aparatur Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan pada Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas III) tahun anggaran 2021 Kabupaten Soppeng.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Ada Jl Kesatria Kabupaten Soppeng ini dihadiri Ketua District Project Management Unit (DPMU) Program Pamsimas Kabupaten Soppeng, DPMU dari Bappelitbangda, DPMU dari Dinas PMD, DPMU dari Dinas Kesehatan dan Asosiasi SPAMS Sipakainge Kabupaten Soppeng.

District Koordinator Program Pamsimas III Kabupaten Soppeng, Nur Rahma dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan penguatan kapasitas Aparatur Desa dan Kecamatan berlangsung selama 3 hari.

Tujuan pelatihan ini kata dia, untuk menyamakan pemahaman peserta terhadap juknis kerja sama Desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi. Serta membangun komitmen peserta agar bersedia untuk melanjutkan program air minum dan sanitasi di Desanya.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Firman mengatakan program Pamsimas adalah salah satu program nasional pemerintah dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat.

Khusus di Kabupaten Soppeng, kata dia, program Pamsimas sudah menyentuh 24 Desa yang tersebar di 8 Kecamatan.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pada program Pamsimas yang ada di desa. Olehnya itu, kita patut bersyukur dan berbangga dan saya berharap agar mengikuti dengan baik dan seksama pelatihan ini,” tuturnya.

Sekadar diketahui, sebanyak 32 peserta dari pelatihan penguatan kapasitas Aparatur Desa dan Kecamatan ini adalah Kepala Desa dan Camat yang terdiri dari 14 Desa Program Pamsimas pelaksanaan tahun anggaran 2019.

Lima Desa program Pamsimas pelaksanaan tahun anggaran 2020. 5 Desa program Pamsimas pelaksanaan tahun anggaran 2021 serta 8 Kecamatan sebaran Desa program Pamsimas masing-masing 1 orang. (Adv)