Iklan

Senin, 12 Juli 2021, 20:52 WIB

Kaswadi Luncurkan Program Pamsimas


KABARSULSEL.COM, SOPPENG
- Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak telah resmi meluncurkan program Penyediaan dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Aula Kantor desa Congko, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Senin (12/7/2021).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, dalam peluncuran program tersebut telah menelan anggaran sebesar Rp367 juta. Nantinya program ini akan menyasar ke rumah-rumah masyarakat, untuk dipasangi sarana sanitasi serta air bersih.
 
Dalam sambutannya, Bupati Soppeng, Kaswadi Razak menuturkan bahwa pamsimas adalah salah satu program pemerintah dalam peningkatan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air.

“Pamsimas merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyaraka,” ujarnya.

Lebih lanjut katanya, program pamsimas dilakukan untuk mendukung dua agenda nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.
 
“Setelah terbangunnya sarana dan prasarana air bersih dan sarana sanitasi melalui program Pamsimas, di harapkan pemeliharaan dan pengelolaannya, agar tetap berfungsi dengan baik dan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah desa, masyarakat juga kelompok pengelola sarana prasarana air minum sanitasi (KP-SPAMS) sehingga tetap berfungsi dengan baik,” tutupnya.