Iklan

Jumat, 02 Oktober 2020, 12:52 WIB
DaerahRagamSoppeng

Berkunjung Ke Soppeng, Prof Jufri Ajari Kiat Mengajar dimasa Pandemi


KABARSULSEL.COM, SOPPENG
-  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Prof Dr Muhammad Jufri, memberi resep jitu kepada para guru dan Kepala SMA, SMK, SLB se Kabupaten Soppeng untuk menghadapi siswa dalam memberi pelajaran, terutama di masa pandemi covid-19.


Resep jitu itu dilontarkan Prof Jufri saat menjawab pertanyaan salah seorang guru di sesi tanya jawab dalam acara ramah tamah dan silaturahmi dengan para kepala SMA, SMK dan SLB se Kabupaten Soppeng di Hotel Tripel 888, Jl Bila Barat Watangsoppeng, Kamis (1/10/2020) malam.



 

Hadir mendampingi Kadisdik Sulsel, Sekretaris Disdik Sulsel, H. Hery Sumiharto, SE.M.Ed, Kepala Bidang Pembinaan SMA, H. Sabri, SPd,MPd, Kepala Bidang SMK, Dra Hj Andi Ernawati, MPd, Kepala UPT PTIKP, Dra Hj Andi Ernawati, MPd, Kasubag Umum, Kepegawaian, dan Hukum, Firdausi Topuriti, SE. MM, Kasubag Tata Usaha UPT PTIKP, Rudi Haryono, SE.MM dan Tenaga Ahli Dr Sarifuddin, SPd.MM.


Turut hadir Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Sopppeng-Wajo, Drs H Muhammad Yusri, MM, Kepala Seksi SMK/PKLK Dr Settaraming, SPd, MSi, Kasi SMA Hj Samsiah, S.Sos.MPd, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng, Drs. H Abdul Azis, MPd.I Ketua MKKS SMA Kab Soppeng, Naharuddin, SPd.MPd, Ketua MKKS SMK/SLB Kab Soppeng, Drs H Pannaco, MSi, Korwil MKPS, Hj Awaliah, SPd.MPd.


Prof Jufri mengatakan, untuk sukses dalam pembelajaran, terutama di masa pandemi covid-19 adalah ajarlah anak kita sesuai dengan caranya belajar. Dengan begitu, anak-anak akan cepat dan mau atau bahkan bersemangat belajar.



 

“Jadi pandai-pandailah melihat kondisi anak-anak kita,” ujar pakar psikologi pendidikan ini.



 

Di masa pandemi covid-19 ini, lanjut Prof Jufri, guru diberi kebebasan atau tidak kaku dalam pembelajaran. Yang penting, katanya, belajar dari rumah tidak dimaknai sebagai libur sekolah.


“Jadi dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 ini sangat fleksibel. Itulah juga salah satu yang dimaksudkan Mas Menteri, Merdeka Belajar,” tegas mantan Dekan Psikologi UNM ini.


Acara ramah tamah antara Kadisdik Sulsel dengan para kepala SMA, SMK dan SLB ini bagian dari kunjungan kerja (kunker) ke wilayah cabang Disdik IV. Jumat (2/10) Kadisdik Sulsel bersama rombongan akan melakukan silaturahmi dengan para Kepala SMA, SMK dan SLB se Kabupaten Wajo di Sengkang dan juga akan melakukan peninjauan ke beberapa sekolah penerima bantuan untuk melihat sejauhmana progres pekerjaannya.


Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV H Muhammad Yusri mengaku sangat bangga atas kedatangan Kadisdik Sulsel ke wilayah kerjanya


“Kami mohon arahan dan petunjuk serta bimbingannya kepada kita semua,” ungkap Muhammad Yusri.(Rls)