Iklan

Rabu, 22 April 2020, April 22, 2020 WIB
Last Updated 2020-09-27T02:04:34Z

Punya Alat PCR, Hasil Swab di Kabupaten Soppeng Keluar dalam 2 Jam





KABARSULSEL.COM, SOPPENG -- Pemerintah Kabupaten Soppeng kini memiliki alat  Polymerase Chain Reaction (PCR ). Alat ini dapat mengeluarkan hasil Swab Covid 19 hanya dalam waktu dua jam.


“Swab hanya butuh waktu 2 jam dan mampu melayani pasien 90 orang dalam per hari,”ujar Bupati Soppeng A Kaswadi Razak saat menerima kunjungan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah di Media Center Tim Gugus Covid 19 Kabupaten Soppeng, Rabu, 22 April 2020.


Alat yang dibeli dari Jerman seharga Rp2,4 miliar itu berada di Laborotorium Kesehatan Daerah(Labkesda) Kabupaten Soppeng. Kaswadi menuturkan, Kabupaten Soppeng yang pertama memiliki alat ini untuk tingkat Kabupaten/kota di Sulsel. 



“Alat PCR yang kami miliki ini tentu bisa membantu daerah tetangga untuk  hasil labnya. Tidak usah jauh-jauh lagi di Makassar,”kata Kaswadi.


Apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Soppeng membuat Gubernur Sulsel kagum. Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah pun memberi mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng karena sudah memiliki laborotorium yang dilengkapi dengan PCR.


“Ini  luar Biasa.  Kami saja di Makassar kapasitasnya hanya 60 dalam satu hari. Saya bisa kirim sample untuk kita uji coba alat tersebut supaya lebih cepat,”katanya.


Mantan Bupati Bantaeng itu menilai adanya alat PCR di Soppeng membuat Provinsi Sulsel bisa tertolong.”Keinginan Bupati Soppeng untuk memproteksi rakyatnya sangat luar biasa. Kita bisa lihat sampai saat ini Soppeng masih terjaga dengan baik,”ujarnya.(adv)