-->
  • Jelajahi

    Copyright © KABARSULSEL.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Delapan Fungsi Keluarga Untuk Mencapai Keluarga yang Berkualitas

    Selasa, 28 Januari 2020, Januari 28, 2020 WIB
    masukkan script iklan disini
    Pembangunan kualitas hidup manusia dimulai dari unit paling kecil yaitu keluarga.
    Untuk mencapai keluarga yang berkualitas diharapkan setiap keluarga menerapkan 8 fungsi keluarga terutama terkait dengan pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

    8 fungsi keluarga yang dimaksud adalah:

    1. Fungsi Agama : Menerapkan fungsi agama sebagai dasar dari semua fungsi dikarenakan jika penerapan fungsi agama berlangsung dengan baik maka fungsi fungsi lain akan mengikut.

    2. Fungsi Social Budaya : keluarga adalah tempat pertama kali semua anggotanya mendapatkan pengertian dan penerapan nilai social budaya di tengah  masyarakat misalnya etika, tata nilai dan kesopanan.

    3. Fungsi Cinta Kasih : keluarga adalah tempat pertama untuk menumbuhkan  rasa cinta kasih. Jika anak anak tumbuh mendapatkan kasih sayang dalam keluarga maka mereka akan tumbuh menjadi manusia yang penuh cinta kasih ke sesama.

    4. Fungsi Perlindungan : keluarga harus menjadi tempat yang aman dan penuh cinta kasih, sehingga anggota keluarga akan tenteran dan saling melindungi.

    5. Fungsi Reproduksi : keluarga adalah tempat pertama yang harus mengajarkan tentang fungsi fungsi reproduksi, hal hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam menjaga kesehatan reproduksi

    6. Fungsi Pendidikan : setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan dan tempat pertama mendapatkan pendidikan adalah keluarga baik secara formal ataupun informal.

    7. Fungsi Ekonomi  : kesejahteraan memiliki andil yang cukup penting dalam membangun keutuhan keharmonisan keluarga, sehingga dibutuhkan pemberdayaan ekonomi dalam keluarga yang bisa melibatkan anggota keluarga secara proporsional

    8. Fungsi Lingkungan : gaya hidup ramah lingkungan diterapkan sejak dini dalam keluarga sehingga akan tumbuh menjadi pribadi yang pedulih dengan lingkungan sekitar dan masyarakat.

    Dengan menerapkan 8 fungsi keluarga maka diharapkan akan tercipta keluarga yang harmonis sehingga generasi generasi baru akan tumbuh dengan penuh nilai nilai kebaikan.

    Oleh:
    Rezkitunnisa, S.KM
    PKB Kecamatan  Marioriawa

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Daerah

    +