SPACE IKLAN

SPACE IKLAN

Upacara Pattaungeng Menurut Bupati Soppeng

16 November 2019 | 19:07 WIB Last Updated 2019-12-02T13:12:10Z



KABARSULSEL.COM,SOPPENG. Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, di dampingi Ketua TP PKK Soppeng Nurjannah  menghadiri  acara adat "mallangi Balubu" desa Goarie Kecamatan marioriwawo, Sabtu (16/11/2019).


Upacara adat yang telah diturunkan secara turun temurun tersebut dilakukan secara massal oleh masyarakata, dengan cara membersihkan tempat dan benda yang berkaitan dengan kisah ditemukannya To Manurung di Goarie, dalam hal ini adalah pencucian pecahan-pecahan guci yang dipercaya sebagai wadah ditemukannya To Manurung,  untuk mengenang dan menghormati para leluhur  serta memaknai nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya. 

Selain itu upacara ini bertujuan untuk saling mengingatkan tentang suatu kisah tentang ditemukannya sesosok bayi yang kemudian masyarakat setempat menganggapnya sebagai To Manurung. 

"Dengan dilaksanakannya acara mattoriolo ri Goaire ini, diharapkan hubungan persaudaraan antara rumpun turunan dari We Temmapuppu Manurungnge ri Goarie dan rumpun keturunan dari La Pateppa Arung Libureng terjalin erat, rukun dan damai. Ini karena hubungan diantara kedua rumpun keturunan tersebut sesungguhnya terjalin suatu ikatan Massilessureng atau ikatan persaudaraan" ungkap Bupati Soppeng saat membuka acara.


Bahwa upacara adat Pattuangeng,lanjutnya, atau Mattoriolo tidak ada  sedikitpun unsur musyrik terkandung dalam pelaksanaan acara adat tersebut, karena tidak ada bentuk pemujaan terhadap selain Allah Swt.

"Karena hanya kepada Allah Swt kita dapat meminta dan memuja" tutupnya.

Penulis: Ami
Editor: Reza
 
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Upacara Pattaungeng Menurut Bupati Soppeng

Trending Now