Iklan

Redaksi
Kamis, 11 Oktober 2018, Oktober 11, 2018 WIB
Last Updated 2019-04-12T15:03:38Z
#klikwajoAtakkaeBantuan BencanaEksodus PaluSekda Wajo

Tiba di Wajo, Warga Eksodus Palu Langsung Diistrahatkan


KABARSULSEL.COM,WAJO--Korban bencana palu kini kembali kekampung halamannya. Dengan menggunkana kendaraan pribadi maupun kendaraan yang disiapkan masing-masing Pemda, mereka kembali untuk menghilangkan rasa trauma atas bencana yang sudah menimpanya.

Hingga kemarin, masyarakat Kabupaten Wajo yang tertimpah musibah di palu kini sebagian sudah kembali. Kemarin, sekitar 17 orang yang merupakan eksodus Palu tiba di Perumahan Adat Atakkae sengkang dan di sambut oleh Sekda Kabupaten Wajo H Amiruddin A.

Dari 17 eksodus palu yang tiba di Bumi Lamaddukkelleng itu ada 6 orang laki-laki dan sisanya perempuan dan anak kecil bahkan ada juga bayi. Saat mereka tiba, sanak keluarga sudah menantikan mereka namun belum bisa langsung diambil akrena ada protap yang mengatur.   .

Salah seorang pengungsi yang bernama Agung mengisahkan betapa pilunya saat kejadian gempa yang rumahnya di jalan rajawali ikut menjadi korban.

"Ada tiga KK yang ikut ke wajo dan semuanya itu adalah keluarga besar saya," kata Agung saat dimintai tanggapan soal gempa yang menimpah kota Palu,Sigi dan Donggala beberapa waktu lalu.

Bapak sekda wajo  yang sempat bercengkrama dengan salah seorang pengungsi yang bernama Hj. Rahmatia mengatakan mereka masih trauma dengan gempa gempa susulan .

Sementara Sekda Kabupaten Wajo H Amiruddin mengatakan bahwa, Tempat usaha para korban itu hancur semua akibat gempa pertama sehingga mereka kembali ke kampung halamannya di sempange sambil memulihkan trauma mereka.

Dalam kesempatan yang sama banyak anggota keluarga yang akan menjemput mereka . Dan sesuai protap eksodus dari palu di persilahkan dulu utk istirahat dan makan serta mandi  kemudian boleh diambil oleh pihak keluarga . Dan pihak keluarga paham dan maklum dengan protap tersebut.

Penulis : Risal
Editor : Abhy