Iklan

Iklan

Kankemenag Wajo Gelar Rakor Penguatan Data EMIS di Sidrap

27 April 2018, 19:38 WIB Last Updated 2019-04-12T15:03:57Z



KLIKSULSEL, SIDRAP - Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo menggelar Rapat Koordinasi (RAKOR) Penguatan Data Education Management Information System (EMIS) Tahun 2018 di Puncak Bila Kabupaten Sidrap, Jum’at 27/4/2018.

"Dengan menghadirkan 122 operator EMIS dari 122 lembaga sebagai peserta penuh, 122 Kepala RA/Madrasah, seluruh Proktor dan Teknisi MA, MTs dan MI beserta keluarganya serta penggembira yang sempat memadati lokasi rekreasi Puncak Bila Kabupaten Sidrap yang diestimasi secara keseluruhan mencapai 450 orang," jelas admin Emis Kab. Wajo Hamzah Alias.

Saat memberikan sambutan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo, HM Arsyad AT memberikan apresiasi besar atas pelaksanaan Rakor Penguatan Data EMIS tahun 2018 yang sungguh spektakuler dimana mampu menghadirkan seluruh unsur pada jajaran Seksi Pendidikan Madrasah yang menurut beliau bahwa ini adalah pertama kalinya ada Rakor EMIS sebesar ini plus diadakan secara outbond ditempat rekreasi agar supaya dapat juga dijadikan sebagai ajang refreshing setelah melalui tahapan ujian yang sangat panjang meskipun pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah baru akan diadakan pekan depan.

Dengan program penguatan EMIS tahun 2017 menjadi moment yang harus dimanfaatkan sehingga para Kepala Madrasah akan sadar dengan sendirinya bahwa sesungguhnya pendataan melalui EMIS yang menyajikan data yang Relevan, akurat dan tepat waktu untuk kepentingan mereka sendiri, mengingat EMIS dijadikan sebagai dasar dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas RA/Madrasah.

"Data-data yang dikumpulkan melalui EMIS dipergunakan untuk berbagai pengambilan kebijakan yang dilaksanakan oleh Ditjen Pendis, antara lain Bantuan Sarpras, BOS, BSM, Akreditasi Lembaga dan lain-lain serta menjadi dasar acuan dalam perencanaan program dan anggaran pendidikan madrasah," ujar HM Arsyad AT.

Kakankemenag Wajo juga menekankankan kepada seluruh Kepala RA/Madrasah agar kiranya senantiasa memperhatikan Operator lembaganya baik dari segi kesejahteraan maupun segala fasilitas yang dibutuhkan, bagi yang melalaikan hal tersebut, silahkan laporkan saja ke Pak Kasi Penmad, tegas beliau.

HM Idman Salewe selaku ketua panitia pelaksana melaporkan bahwa Rapat Koordinasi (RAKOR) ini dilaksanakan dalam rangka untuk mensosialisasikan kebijakan dan evaluasi penguatan pendataan, menyatukan visi dan misi pendataan, koordinasi dalam pengaturan strategi pendataan serta memberikan bimbingan teknis terkait pengelolan data dan penggunaan aplikasi pendataan melalui satu pintu yaitu Education Management Information System (EMIS) berdasarkan Surat Edaran Dirjen Pendis No: SE/DJ-I/PP.00.9/63/2013 tentang Kebijakan Pendataan Pendidikan Islam Satu Pintu melalui EMIS.

"Sejauh ini validasi pemutakhiran (progress pengiriman data) EMIS yang dikirim para operator madrasah sudah mencapai 100% sebelum batas waktu yang ditentukan yaitu pada tanggal 4 Mei 2018, Namun demikian, kelengkapan data masih perlu perbaikan dari sisi keakuratan dan kelengkapan data sambil menunggu konfirmasi dari pengendali EMIS pusat," ujar Admin Emis Penmad Kankemenag Kabupaten Wajo, Hamzah Alias.

Turut pula memberikan materi yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Kabupaten Wajo, HA Muh. Hasbih Gani dengan banyak memberikan motivasi, spirit dan suplemen penyemangat agar senantiasa tetap tekun dalam mengolah data pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.



Beliau menjelaskan secara detail prinsip-prinsip pendataan yaitu harus Lengkap dan Akurat, Akuntabel, Rapi, Integrated, Tepat Waktu, dan termutkahir. Apabila unsur-unsur ini telah terpenuhi, maka yakinlah bahwa data kita sudah bisa diberikan predikat Excellent, jelas Pak Kasubbag TU.

Dibagian akhir acara pembukaan Rakor Emis, Bapak Kakankemenag menyerahkan piagam penghargaan kepada Koordinator Wilayah Kecamatan beserta Operator Lembaga sebagai operator Inovatif, Kreatif dan Teladan.(hmz).

Editor: Rusman

Komentar

Tampilkan

  • Kankemenag Wajo Gelar Rakor Penguatan Data EMIS di Sidrap
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan