Iklan

Iklan

Kunjungi Industri Rumahan, Wabup Lutfi Halide Apresiasi Produsen ‘Boka Ugi’ di Desa Pising

18 Maret 2024, 20:34 WIB Last Updated 2024-04-04T12:36:50Z


KABARSULSEL.COM, SOPPENG
- Wakil Bupati Soppeng, Ir. Lutfi Halide, MP, didampingi Kepala Bidang Industri Soppeng Ani Priyanti, SE. Mengunjungi  industri rumah tangga produsen minyak kelapa murni merek “Boka Ugi” di Desa Pising, Kecamatan Donri Donri, Senin (18/3/ 2024).



Wakil Bupati Soppeng Ir. Lutfi Halide, MP dan rombongan disambut Sekretaris Desa Pising Baharuddin dan Wirfa bersama putrinya Andi Syalfiah Musyahidah,SE selaku penanggung jawab Pengelola usaha minyak kelapa di Desa Pising Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.


Pemerintah mengapresiasi kepada pengusaha minyak kelapa ini, yang sudah mampu memproduksi minyak kelapa murni berkualitas dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga," ujar Wakil Bupati Soppeng Ir. Lutfi Halide, MP saat mengunjungi langsung pengolahan pembuatan minyak kelapa asli.



Ketika meninjau proses pembuatan minyak kelapa ini, ada yang sangat dikagumi Ir.Lutfi Halide, MP, adalah pemerasan santan masih manual yang menggunakan kayu besar, dan sempat Ir.Lutfi duduk dan memeras santan, ketika Ir.Lutfi bertanya sudah puluhan tahun, menurut Wirfa itu usianya sama dengan Pak Wakil Bupati, hingga Kabid Industri heran, juga, bahkan Wakil Bupati Soppeng Ir.Lutfi Halide,MP meminta kepada Kabid Industri untuk mengupayakan yang modern.


Sementara Ketua Kelompok Boka Ugi Andi Idah panggilan akrab Andi Syalfiah Musyahidah,SE mengatakan saat ini mesin peras santan kelapa hanya satu dan manual  namun kita tetap mengelola kelapa minyak murni ini.



"Usaha ini sudah sejak Tahun 2021, dan untuk pemasaran telah ada pesanan dari Samarinda, Makassar,bahkan kami pernah ada pesanan,3 jerigen ke Jakarta jadi produk olahan pedesaan telah dikenal dimana mana " Boka Ugi " Pising Soppeng Indonesia.


Untuk harga terjangkau oleh semua kalangan 

dimana 500 ml harga 23.000, 250 ml harga 13.000, Kemesan jerigen 5 liter 200.000

Beli 1 jerigen bonus 1 botol, sedangkan Botol sirup ABC harga ,20.000,

Untuk kedepannya kami usaha masuk di ritel swalayan Indomaret, Alfamart yang sementara akan kami jajakki untuk sistem kerja samanya kunci Wirfa kepada Kabid Industri Ani Priyanti,SE



Staf Ahli Sekretariat Pemda Soppeng Drs. Azis Makmur, M.PdI, mengaku bangga dengan upaya yang dilakukan kelompok " Boka Ugi " yang memiliki inovasi dalam membangun ekonomi masyarakat, dimana juga membeli kelapa bult dengan harga,Rp.,1.500. disesuaikan dengan kondisi pasar

"Saya harap Pemerintah Desa (Pemdes) Pising terus melakukan pendampingan terhadap petani untuk terus meningkatkan produksi usahanya, agar ekonomi warga terus berkembang," di Desa Pising ini banyak sekali tanaman kelapa, harap Wakil Bupati Soppeng

sambil mengambil kocek di dompet 10 botol minyak kelapa di borongnya.

Komentar

Tampilkan

  • Kunjungi Industri Rumahan, Wabup Lutfi Halide Apresiasi Produsen ‘Boka Ugi’ di Desa Pising
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan