Iklan

Iklan

Tari Sere Bissu Maggiri Memeriahkan Seminar Internasional Gau Maraja Lapatau Soppeng

16 Juli 2023, 20:14 WIB Last Updated 2023-07-16T12:14:06Z

KABARSULSEL.COM,SOPPENG-
Penampilan Tari Sere Bissu Maggiri dari Kabupaten Bone memeriahkan Seminar Internasional Gau Maraja La Patau Matanna Tikka Soppeng Tahun 2023, Minggu (16/07/23).

Dengan mengangkat tema "Sejarah Dan Dinamika Sosial Budaya di Sulawesi Selatan.Seminar bertaraf internasional berlangsung di Gedung Serbaguna La Patau Watansoppeng

Mengulik dari berbagai sumber, bahwa Tari Sere Bissu Maggiri merupakan sebuah hasil karya seni pada masa lampau yang menjadi salah satu warisan budaya. 

Keberadaan tari Sere Bissu Maggiri di daerah Bugis Kabupaten Bone diperkirakan sudah ada sejak zaman pemerintahan raja Bone Ke 1 yang bergelar To Manurungeng Ri Matajang.

"Tari Sere Bissu Maggiri " adalah sebuah tarian yang dipertunjukkan oleh bissu, tarian ini dikenal pula dengan nama tari mabbissu.Tarian tersebut beranggotakan 12 orang bissu dengan terdiri dari tujuh ragam gerak. Setiap ragam geraknya mempunyai makna tertentu sesuai dengan pola dan bentuknya.

Maggiri artinya menusuk-nusukkan keris ke tubuh bissu, terutama ke daerah-daerah yang vital seperti leher, perut, dan pergelangan tangan. 

Para bissu yang melakukan pertunjukan tarian ini dianggap kemasukan roh dan mendapat kemampuan kebal pada senjata tajam.

Tari Maggiri biasanya dipentaskan pada acara acara seperti Hari Jadi sebuah kabupaten, penyambutan tamu agung, atau menjadi pelengkap upacara adat tertentu.
Komentar

Tampilkan

  • Tari Sere Bissu Maggiri Memeriahkan Seminar Internasional Gau Maraja Lapatau Soppeng
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan