Iklan

Iklan

Tumbuhkan Jiwa Seni Anak, Dinas Pendidikan Soppeng Gelar Bimbingan Seni

01 Desember 2022, 21:42 WIB Last Updated 2022-12-06T13:43:37Z


KABARSULSEL.COM,SOPPENG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng menggelar Bimbingan Seni bagi Guru Sekolah Dasar dan Siswa siswi Tingkat SMP.Bimbingan yang dilaksanakan Bidang Pendidikan Dasar (DIKDAS) ini digelar dalam dua tahap yaitu tahap I Tingkat siswa SMP pada tanggal 29 November - 2 Desember 2022, dan tahap II pada tanggal 1 - 4 Desember 2022. Kegiatan digelar di SMP Negeri 5 (Lawo) Soppeng.


Hadir Kepala Bidang Pendidikan Dasar (DIKDAS) Dr. Nur Alim, M.Pd mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng dan Trusminardi, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembinaan Prestasi serta beberapa narasumber dari Komunitas MGMP Kesenian Kabupaten Soppeng


Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Soppeng, Dr. Nur Alim, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa target dalam pelaksanaan Bimbingan Seni ini bukan hanya untuk melatih anak peserta didik dalam menghadapi setiap event - event seni menjadikan prestasi dibidang ini, melainkan bisa menjadikan anak tersebut memiliki jiwa seni yang luar biasa.


"Dan tentunya memiliki keluhuran yang baik, memiliki karakter dengan dengan budi luhur yang bagus yang berakar dari karakter dan budaya Indonesia khususnya budaya kearifan lokal Bugis serta mempunyai jiwa Pancasilais" tuturnya.


Lebih lanjut dikatakan, dengan kegiatan ini dia berharap kepada peserta bisa memahami, tujuan kegiatan, bukan semata ilmu seni cara memainkan alat musik, cara gerak tari, cara menggambar, cara berkriya yang harus dipelajari, akan tetapi perlu dipetik hikmah atau pembelajarannya walaupun bukan dari kualifikasi pendidikan seni (Guru Kelas).


"Seni ini yang dibutukan guru untuk menentukan kapan harus memotivasi, kapan harus memberi konsekuensi, kapan harus membantu ketika pembelajaran di kelas, hampir tidak pernah menyimpang dari rencana pembelajaran yang dibuat, ini bukan merupakan mengajar. Pembelajaran yang sebenarnya terjadi di dalam kelas itulah bentuk dari seni mengajar," Pungkasnya




Komentar

Tampilkan

  • Tumbuhkan Jiwa Seni Anak, Dinas Pendidikan Soppeng Gelar Bimbingan Seni
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan