Iklan

Iklan

Silaturahmi Civitas Akademika UMI, Ma'ruf Amin Sebut Ekonomi Indonesia Masih Kuat

03 Desember 2022, 22:26 WIB Last Updated 2022-12-03T15:56:22Z


KABARSULSEL.COM, SOPPENG - Wakil Bupati Soppeng, Ir.H.Lutfi Halide MP, menghadiri acara Silaturahmi Civitas Akademika Universitas Muslim Indonesia (UMI),bertempat di Gedung Auditorium Al Jibra, Kampus 2 UMI, Sabtu (3/12/2022).


Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf amin yang akan mengukuhkan Pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) serta Launching Z-Mart UMI Baznas Sulsel.


"Namun kita bersyukur, dukungan fundamental ekonomi yang kuat, serta pilihan kebijakan yang tepat, mampu membawa perekonomian Indonesia tumbuh 5,72 persen pada triwulan ketiga tahun 2022 ini,”ungkap Wapres.


"Alasan menguatnya ekonomi Indonesia. Pertama, pemulihan ekonomi berjalan di jalur yang tepat. Indeks manufaktur ekspansif, ekspor terus tumbuh, dan surplus neraca perdagangan terus membesar,"sambungnya


lebih jauh Wapres juga menyampaikan bahwa di tengah gejolak harga pangan dan energi, Indonesia mendapat keuntungan dari sektor komoditas utama, antara lain kelapa sawit, serta komoditas tambang, dan pertanian lainnya. Keuntungan ini juga dirasakan oleh masyarakat Sulawesi Selatan dari ekspor nikel, serta ekspor hasil pertanian, perkebunan dan kelautan.


Alasan kedua, sambung Wapres, kepercayaan dunia meningkat dan posisi Indonesia di panggung global semakin diperhitungkan.


Sementara alasan ketiga, Wapres menjelaskan, resiliensi ekonomi dan keuangan syariah selama pandemi terbukti cukup solid. Empat pilar ekonomi dan keuangan syariah sudah berjalan pada lajur yang tepat dan terus berkembang.


“Empat pilar itu adalah pengembangan industri halal, pengembangan industri keuangan, pengembangan dana sosial syariah wakaf zakat infak sadakah dan pengembangan usaha dan bisnis syariah serta mengembangkan para usahawan syariah,” jelasnya


Wapres juga menyampaikan bahwa, sudah mengembangkan kawasan industri halal, dan sudah dibangun di beberapa wilayah,  di Jawa Timur itu ada di Sidoarjo, kemudian di Batam, di kepulauan Riau, di Bintan kemudian di Banten, dan juga sedang dipersiapkan di Riau dan saya menunggu di Sulawesi Selatan.


"Perlu dilakukan penciptaan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru yang inklusif dan berkelanjutan,"tegas wapres.


"Saya berharap kedepannya agar masyarakat terus berkontribusi dalam kemajuan ekonomi dan keuangan syariah melalui program inovasi yang inklusif dan berkelanjutan,"tutupnya.


Acara ini juga dihadiri Gubernur Sulawesi selatan Andi Sudirman Sulaiman dan jajaran Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulsel, serta Rektor UMI Makassar Basri Modding.

Komentar

Tampilkan

  • Silaturahmi Civitas Akademika UMI, Ma'ruf Amin Sebut Ekonomi Indonesia Masih Kuat
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan