Iklan

Iklan

Resmikan Sentra Gerobak Kuliner II, Bupati Wajo Harap Dongkrak Pertumbuhan UMKM

09 Oktober 2022, 17:30 WIB Last Updated 2022-12-05T09:54:51Z


KABARSULSEL.COM, WAJO - Sentra Gerobak Kuliner yang berlokasi di Kawasan Taman Baca "La Tiringeng To Taba", Kota Sengkang, diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Wajo. Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengharapkan kolaborasi dan inovasi pihak terkait untuk mewujudkannya.


Amran Mahmud pun menantang Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Wajo bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop UKM) Wajo untuk terus berinovasi dan mengembangkan Sentra Gerobak Kuliner.


Kawasan ini, kata dia, sudah banyak diincar investor atau event organizer untuk mengelolanya. Namun, dirinya memberikan kesempatan tahun ini kepada TP PKK bersama organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo terkait.


Hal itu disampaikan Amran Mahmud saat meresmikan Sentra Gerobak Kuliner Tahap II di Kawasan Taman Baca "La Tiringeng To Taba", Minggu (9/10/2022). Orang nomor satu di Kota Sutera ini berharap ada inovasi dari TP PKK dan OPD terkait.


"Misalnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjadwalkan pelajar untuk datang ke taman baca ini, mewajibkan membaca satu buku kemudian pulang membuat resume," kata Amran Mahmud.


Amran Mahmud melanjutkan, dengan mewajibkan membaca buku, anak-anak akan bisa mengembangkan pengetahuan dan wawasannya. "Apalagi kalau anak TK (taman kanak-kanak) yang datang, pasti orang tuanya ikut. Tentu perekonomian di kawasan ini bisa bergerak," ucap kepala daerah bergelar doktor ini yang datang bersama Wakil Bupati Wajo, Amran.


Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Wajo ini juga menyampaikan terima kasihnya ke Bank BPD Sulselbar, khususnya cabang Sengkang, atas kolaborasi, sinergi, dan bantuan fasilitas gerobak berikut kelengkapannya.


Sementara, Ketua TP PKK Wajo, Sitti Maryam, menjelaskan sebelumnya melalui fasilitasi Dinas Perindagkop dan UKM pihaknya diberikan bantuan 15 gerobak kuliner berikut tenda dan kelengkapan meja dan kursi.


"Untuk tahap kedua ini sebanyak 20 gerobak kuliner juga berikut dengan tenda dan kelengkapan lainnya. Jadi, sudah cukup terpenuhi sebagaimana permintaan kami," sebut Maryam.


Maryam juga mengaku masih mengajukan permintaan ke Bank BPD Sulselbar untuk dibantu etalase kaca untuk diisi cendera mata oleh ketua TP PKK kecamatan se-Wajo.


Pimpinan Bank BPD Sulselbar Cabang Sengkang, Basri Tappi, menjelaskan terkait dengan corporate social responsibility (CSR) berupa gerobak kuliner ini, pihaknya berharap kepada semua yang dipercayakan untuk memanfaatkannya dan memeliharanya dengan baik.


"Karena ini adalah aset-aset yang bisa menghasilkan. Semoga ke depannya bukan hanya kuliner, tetapi lebih meningkat ke produk lainnya sehingga Bank Sulselbar bisa membantu pada pembiayaan," ujarnya.


Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati, Amran, bersama Wakil Ketua TP PKK, Munawarah, Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna, bersama Ketua PIA DPRD Wajo, Misfadliati, para kepala OPD, pengurus TP PKK Wajo, serta undangan lainnya.(*)

Komentar

Tampilkan

  • Resmikan Sentra Gerobak Kuliner II, Bupati Wajo Harap Dongkrak Pertumbuhan UMKM
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan