Iklan

Selasa, 19 Oktober 2021, 13:37 WIB

Lewat Zoom, Andi Ibrahim Harta Ikuti Acara Penyerahan Penghargaan Program Proklim


KABARSULSEL.COM, SOPPENG
- Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng, Andi Ibrahim Harta mengikuti acara penyerahan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Kabupaten Soppeng tahun 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual yang bertempat di ruang pertemuan Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Soppeng, Selasa (19/10/2021).

Kegiatan ini merupakan puncak kegiatan Festival Iklim Tahun 2021, dimana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyerahkan penghargaan Proklim kepada lokasi Proklim kategori Utama dan Lestari, Apresiasi Pembinaan Proklim dan Apresiasi Pendukung Proklim yang telah aktif dalam mendukung dan mengembangkan Proklim sebagai bentuk kontribusi nyata para pihak dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Ir Laksmi Dhewanthi mengatakan festival iklim tahun 2021 mengambil tema “Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peningkatan Ketahanan Iklim untuk Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh”.

Tema ini diambil untuk menyemangati kita semua atas dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan terutama unit kerja di lingkup kementerian lingkungan hidup dan kehutanan.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan berbagai macam kegiatan festival di tahun ini diantaranya webinar, pameran virtual Proklim, workshop pelatihan jurnalis dan penulisan media sosial serta tidak ketinggalan berbagai lomba kreativitas yang menarik dan diikuti oleh berbagai macam kalangan serta penyerahan penghargaan Proklim tahun 2021.

“Jadi pada festival iklim tahun ini, kita memperkenalkan berbagai kebijakan, program dan inovasi-inovasi baru dalam upaya penurunan emisi rumah kaca dan peningkatan ketahanan iklim serta menjalin kolaborasi dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan program serta karya-karya cerdas yang menggunakan metodelogi yang berasal dari inisiatif pimpinan Kab/Kota,” ucapnya.

Sementara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, DR. Ir. Siti Nurbaya Bakar dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan adaptasi perubahan iklim ini perlu diterjemahkan dengan program dan aksi nyata baik di Kabupaten, Kecamatan, Desa/Lurah serta seluruh pihak perlu memberikan peran aktif.

Pasalnya, pelaksanaan program iklim ini merupakan langkah strategis dalam upaya pengurangan risiko bencana terkait iklim serta memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penghematan energi yang dapat memberikan kontribusi dalam upaya pengurangan emisi gas rumah kaca.

“Terima kasih untuk kepada semua pihak yang telah melaksanakan aksi nyata di lokasi program kampung iklim serta kepada pemerintah daerah yang telah melakukan pembinaan kepada masyarakat,” tuturnya.

Kata dia, Proklim akan terus diperkuat dengan menggerakkan seluruh potensi yang ada untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

“Untuk itu, mari kita lakukan semata-mata untuk membangun kekuatan dalam mengatasi perubahan iklim dan melindungi SDA yang merupakan titipan yang akan digunakan untuk anak cucu kita di masa yang akan datang,” ajaknya.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan festival iklim ini, Kabupaten Soppeng mendapatkan 2 penghargaan yang diterima secara virtual yaitu penerima Trophy Proklim Utama berasal dari Desa Ganra, Kecamatan Ganra.

Sedangkan untuk penerima Sertifikat Proklim Utama berasal dari Desa Mattabulu, Kecamatan Lalabata. (Adv)