Iklan

Kamis, 20 Mei 2021, 16:38 WIB

Buka Forum Gabungan Mengenai Renstra SKPD, Ini Kata Kaswadi


KABARSULSEL.COM, SOPPENG
— Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak membuka forum gabungan SKPD dalam rangka penyusunan Rencana Strategis (Renstra) SKPD Tahun 2021-2026.


Kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati Soppeng, Ir Lutfi Halide, pimpinan DPRD Soppeng bersama Anggota DPRD Soppeng, Sekkab, HA Tenri Sessu, para Staf Ahli, Asisten pimpinan SKPD serta Camat ini dilaksanakan di ruang Rapat Kantor Gabungan Dinas SKPD Kabupaten Soppeng, Kamis (20/05/2021).


Kaswadi mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan amanat dari Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 rancangan awal Renstra perangkat daerah dibahas bersama pemangku kepentingan dalam forum perangkat daerah untuk memperoleh saran dan pertimbangan.


Kata Kaswadi, ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu rancangan awal RPJMD 2021-2026 digunakan sebagai acuan perumusan tujuan dan sasaran, program, kegiatan, sub kegiatan, indikator kinerja dan pagu indikatif dalam rancangan renstra SKPD tahun 2021-2026.


“Tujuan dan sasaran SKPD diharapkan dapat memecahkan isu-isu dan permasalahan pembangunan yang dihadapi serta dapat menjawab berbagai isu-isu strategis terkait dengan penyelenggaraan tugas dan fungsi SKPD,” ucap Kaswadi.


Lebih lanjut, Kaswadi menyampaikan bahwa setiap perangkat daerah harus memahami visi misi pemerintah daerah yaitu “Soppeng Yang Lebih Melayani, Maju dan Sejahtera”.


Misi yang akan dijalankan untuk mewujudkan visi tersebut dirumuskan dalam sejumlah upaya umum yaitu memantapkan penyelenggaraan pelayanan dasar, memantapkan perwujudan kesejahteraan masyarakat, memantapkan pencapaian daya saing daerah, memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik, memantapkan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.


“Visi misi ini masih sangat makro dan belum operasional, sehingga harus diturunkan atau dijabarkan lebih lanjut ke dalam tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, sampai dengan program prioritas,” katanya.