Iklan

Iklan

Pengukuhan TPAKD, Idham Kadir Harap TPAKD Mampu Dorong Ketersediaan Akses Keuangan

05 November 2020, 14:12 WIB Last Updated 2020-11-28T06:14:33Z


KABARSULSEL.COM, SOPPENG
- Pjs Bupati Soppeng, Idham Kadir mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Soppeng di ruang pola kantor Bupati Soppeng, Kamis (5/11/2020)


Idham Kadir mengatakan, TPAKD merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah, dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.


Sebagaimana diketahui, kata Idham, bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Soppeng  sebelum pandemi Covid -19 adalah 7, 69 persen. Sedang dimasa pandemi Covid -19 ini diprediksi 4,5 persen dengan finalisasi perhitungannya di akhir tahun 2020.


Karena itu, lanjut Idham, TPAKD diharapkan mampu mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah. Dan mencari terobosan untuk membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat


Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan akses pengetahuan dan peran serta masyarakat dalam menggunakan produk dari jasa keuangan. Sehingga mereka tidak lagi berfikir untuk mencari akses lain yang tidak resmi dalam menambah modal mereka dengan bunga tinggi.


“Pada kesempatan ini saya mengajak perbankan agar terus menjalin kemitraan dengan pemerintah Kabupaten Soppeng, agar perekonomian di Kabupaten Soppeng bisa lebih meningkat lagi di masa datang. Mari bekerja dan bersinergi agar program peningkatan perekonomian memberi manfaat bagi masyarakat Kabupaten Soppeng,” kata Idham.


Dengan ditandatanganinya surat edaran Bupati Soppeng tentang budaya menabung sejak dini, Idham menghimbau instansi terkait Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Soppeng dan Kementerian Agama agar mewajibkan seluruh pelajar untuk memiliki rekening, dengan target satu rekening satu pelajar “One Student One Account” OSOA.


Sementar Sekda Provinsi Sulsel diwakili Kabiro Perekonomian dan Pembangunan, Dr Since Erna Lamba menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pjs Bupati Soppeng atas dukungan untuk melakukan pembentukan TPKAD Kabupaten Soppeng. Dimana Kabupaten Soppeng merupakan daerah yang ke-23 melakukan pengukuhan TPAKD.



Diharapkan dengan adanya TPAKD Kabupaten Soppeng yang telah dikukuhkan agar selesai meyusun program kerjanya terutama dalam kondisi pandemi Covid-19. Hendaknya program kerja TPAKD di daerah justru lebih aktif, dengan Motto kita tetap produktif tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga kita senantiasa tidak mengalami krisis ekonomi.


“Oleh karena itu, kita harus senantiasa aktif dan fokus dalam pemulihan ekonomi untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, serta untuk mengoptimalkan pelaksanaan program kerja pemerintah Kabupaten Soppeng wajib mendukung kegiatan TPKAD,” ujar Since Erna.


Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Edaran tentang Budaya Menabung Sejak Dini di Kab. Soppeng, Penyerahan secara simbolis KUR kepada para pelaku usaha, serta penyerahan Cendramata oleh Bupati Soppeng kepada Kepala OJK Reg. 6 Sulampua (Sulawesi, Maluku dan Papua).(Rls)




Komentar

Tampilkan

  • Pengukuhan TPAKD, Idham Kadir Harap TPAKD Mampu Dorong Ketersediaan Akses Keuangan
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan