-->
  • Jelajahi

    Copyright © KABARSULSEL.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Gerak Cepat, Pemda Soppeng Jemput Bola Ambil Uji Swab Ke Masyarakat

    Kamis, 14 Mei 2020, Mei 14, 2020 WIB
    masukkan script iklan disini
    KABARSULSEL.COM, SOPPENG - Pemerintah Kabupaten Soppeng Terus berinovasi demi memutus mata rantai penularan Covid 19 dengan mengadakan mobil pelayanan uji Swab.

    Mobil pelayanan uji Swab ini akan berkililing di delapan kecamatan soppeng untuk  mengambil sample swab warga yang perna kontak langsung  dengan pesien Positif Covid 19 maupun  Orang dalam pantuan (ODP).

    " Pihak Laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) akan berkordinasi dengan puskemas di setiap kecamatan,dimana saja titik rawan yang telah di lakukan pelacakan, maka mobil pelayan akan bergerakan untuk mengambil sample swab," ujar Kepala Dinas Kominfo Soppeng, Sarianto, Kamis (14/5/2020)

    Dalam mobil pelayanan itu  terdapat 10  petugas laboratorium Labkesda  dan puskesmas dengan di lengkapi kursi dan meja untuk pemerikasaan swab,sistem pengambilan sample berada di didalam Bus.

    " Masyarakat tak perlu kawatir saat pengambil swab dikarnakan  mobil pelayan swab tersebut memiliki teknologi Hepa Filter seperti yang di gunakan di kabin pesawat," jelasnya

    Fungsi Teknologi Hepa filter yakni untuk menyaring udara agar terbebas dari partikel debu, bakteri, dan virus Sehingga udara yg dihirup merupakan udara bersih.

    Sarianto menjelaskan,  Mobil pelayanan uji sample ini merupakan inovasi Bupati Soppeng  Andi kaswadi razak sebagai langkah cepat memutuskan rantai penyebaran Covid 19 dan ini juga merupakan kepeduliannya agar masyarakat soppeng dapat terhidar dari virus tersebut.

    " Mobile Sampling Swab Pemda Kabupaten  Soppeng, sebuah inovasi Bupati Soppeng, Interior didesain sedemikian rupa agar leluasa digunakan,  yang dilengkapi HEPA filter untuk sterilisasi udara saat pengambilan swab berlangsung," katanya

    Lanjur mobil pelayanan uji swab ini juga bertujuan untuk  menjaring adanya OTG diantara ODP. Bersama Tim Survelilans Dinas Kesehatan  dan Tim Swab Labkesda, mobil ini bergerak ke kecamatan setelah  melalui  proses trancking kontak pasien Covid-19 ataupun ODP yg terdata.

    " Untuk kemampuan mobil untuk uji swab tergantung dari data ODP atau orang yang kontak dengan pasien Postif" katanya lagi

    Dia menambahkan pihak pemerintah kabupaten Soppeng juga akan mengorder 10 ribu reagen untuk di duganakan di Lakesda.

    " Sudah ada 2 ribu reagen tapi Bupati minta agar mengorder 10 ribu" tambahnya

    Hal yang sama di ungkap Fatmawati Ahli teknologi laboeatorium medik ( ATML) Labkesda Soppeng mengatakan Mobil pelayanan uji swab ini akan begerak saat dinas kesehatan telah melacak beberapa warga yang telah melakukan kontak dengan pasien postif covid atau ODP.

    " Ya ini keliling nanti, tapi kita tunggu juga dari hasil pelacakan Dinkes atau puskesmas dimana yang akan diswab,setalah kita mengambil swabnya dan kita bawa  Labkseda untuk di uji sample di PCR, paling lama hasilnya keluar 3  jam.

    Perlu di ketahuai Labotarium Polymerase Chain Reaction (PCR) pemeriksaan swab virus Corana  (Covid-19) yang  berada di Labkesda soppeng mampu menguji 96 sample dalam waktu 3 jam.

    Lanjut pihaknya berancana  Besok (15/05/2020) akan melakukan mengambilkan swab wilayah kecamatan Lalabata dengan jumlah 74 orang
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Daerah

    +