Iklan

Selasa, 11 Februari 2020, 18:48 WIB
hukum dan kriminalKriminalPeristiwaRagamSoppeng

Kasus Pencabulan Meningkat, Kapolres Soppeng Imbau Orang Tua

SOPPENG - Tingginya kasus kekerasan terhadap kasus kekerasan terhadap perempuam dan anak di Kabupaten Soppeng belakangan ini menjadi perhatian sejumlah pihak.

Kapolres Soppeng AKBP Puji Saputro saat menggelar Pres rilis di Mapolres Soppeng, mengatakan kasus pencabulan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Soppeng saat ini meningkat dari tahun sebelumnya.

" Kasus ini menjadi perhatian kita semua, dengan pres rilis ini di harapan memberikan gambaran kepada kita semua," ujar Puji, Selasa (11/2/2020)

Dirinya menjelaskan kasus pencabulan yang terjadi di Kabupaten Soppeng tentunya tanggung jawab kita bersama, diman peran serta orang tua ataupun guru sangat dibutuhkan.

" ini tanggungjawab kita bersama, untuk itu, dirinya berharap peran serta orang tua, guru lebih ditinggalkan," pintanya

Untuk mencegah kejahatan anak agar tidak bertambah di Kabupaten Soppeng, Puji membeberkan cara untuk pencegahan, diantaranya

Tanamkan Pemahaman Agama Terhadap Anak Sejak Dini.
Menurut Kapolres, memberikan pemahaman agama kepada anak sejak dini bisa menghindarkan kejahatan anak. Selain itu Agama merupakan landasan hidup kita.

Selin itu, Tanamkan Pengetahuan terhadap anak. Menangani dan Melindungi Diri Hal ini juga penting kata Kapolres, karena kasus kejahatan terhadap anak biasa terjadi dengan bujuk rayu atau dengan modus lainnya, dengan pengatahuna

"Namanya anak-anak masih relatif pendidikan dan minim pengetahuan, bisa terjebak dengan bujuk rayu, sehingga dapat dimanfaatkan oleh pelaku," katanya.

Anak itu butuh komunikasi dengan orang tua. Karena kita lihat jaman sekarang (Gedget) sudah berhasil merebut komunikasi antar anak dan orangtua, dirinya berharap kepada orang tua tetap menjaga komunikasi terhadap anaknya agar kejadian ini dapat dihindari.

"Untuk itu, saya berharap orangtua untuk menjadikan anak sebagai kawan, sehingga bisa bicara tentang lingkungan anak, apa yang terjadi dengan anak dan hal lainnya,"pintanya

Peran Sekolah atau Guru
Guru adalah salahsatu figur yang penting dalam mencegah kejahatan anak. Hal itu karena anak cendrung mendengar apa yang disampaikan guru dibandingkan orangtua.

Saat komunikasi keluarga tidak terjalin, peran guru sangat penting untuk menggantikannya.

Pelaporan Kasus yang Cepat
Apapun yang terjadi di masyarakat, diharapkan untuk dilaporkan. Supaya pihak kepolisian cepat menanganinya.

"Kami berfikir lebih cepat kita tangani, minimalisir korban, dan korban berikutnya lagi," harapnya