Iklan

Iklan

Pendampingan dan Manasik Haji Kemenag Pinrang

17 Februari 2019, 13:46 WIB Last Updated 2019-06-17T13:33:14Z

SOPPENGTERKINI.COM,PINRANG - Haji dan umrah merupakan salah satu ibadah yang sangat didambakan oleh setiap insan. Tidak semua orang yang mampu ditakdirkan oleh Allah untuk menunaikan ibadah haji maupun umrah. 


Hal itu terbukti dengan banyaknya jumlah orang yang kaya tapi belum mendapatkan panggilan dari Allah SWT, tetapi ada orang yang hidupnya pas-pasan, Tuhan menakdirkannya melaksanakan ibadah haji dan umrah sebagaimana yang kita saksikan bersama di media cetak maupun online komentar tukang bubur naik haji, penjual koran keliling naik haji, pedagang kaki lima naik haji.


"Haji adalah merupakan ibadah yang menggabungkan ibadah maliyah (harta) dan badaniyah (badan) sehingga orang yang mampu melaksanakan kedua ibadah ini dengan sabar dan ikhlas akan mendapatkan ganjaran pahala yang besar disisi Allah," Kata Muh. Ihwan.


Rabu, (13/2/2019) lalu, Pemerintah Kabupaten Pinrang menggelar acara pembukaan pendampingan calon jamaah haji yang bertempat di Aula Masjid Agung Al-Munawwir Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. 


Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Koordinator Kabid Pelaksana Haji dan Umrah (PHU) se-Indonesia, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sul-Sel, Bupati Pinrang, Ketua MUI Kabupaten Pinrang, Ketua Basnaz Kabupaten Pinrang serta seluruh Kepala KUA dan peyuluh agama PNS se-Kabupaten Pinrang dan diikuti oleh 360 calon jamaah haji, ditambah 18 cadangan Kabupaten Pinrang.


"Substansi dari pendampingan sebagai program khusus di Provinsi Sulawesi Selatan sebagai upaya pelaksanaan manasik sepanjang tahun bahwa sinergitas antara penyuluh agama, kepala KUA dan seluruh komponen perhajian sangat memungkinkan untuk maqbul mabrurnya ibadah haji," kata ketua Koord. Kabid PHU se-Indonesia.


H. Muh. Ihwan selaku kasi PHU bersama kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pinrang melaporkan bahwa desain dari pembukaan ini adalah polarisasi dari 8 inovasi perhajian 2019 dengan rakor teknis perhajian bidang PHU provinsi.


"Yang selanjutnya di proses dalam bentuk inovasi perhajian Kabupaten Pinrang, salah satu inovasi itu adalah sinergitas ditandai dengan pemasangan baju tim pelayanan haji untuk tim kepala KUA, penyuluh agama Kabupaten Pinrang," katanya.


Laporan: Bair


Komentar

Tampilkan

  • Pendampingan dan Manasik Haji Kemenag Pinrang
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan