-->
  • Jelajahi

    Copyright © KABARSULSEL.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Penelitian Mahasiswa: Pelayanan Puskesmas Pitumpanua Memuaskan

    Selasa, 13 November 2018, November 13, 2018 WIB
    masukkan script iklan disini

    KABARSULSEL.COM,WAJO - Kualitas pelayanan di Puskesmas Pitumpanua Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan,mendapatkan nilai sangat memuaskan. Penilaian tersebut terungkap dalam hasil penelitian mahasiswa pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lembaga Adminitasi Negara (LAN) Makassar, drg Andi Fatahuddin.

    Hasil penelitian tersebut jugalah yang mengantarkan drg Andi Fatahuddin menjadi lulusan Pendidikan Magister STIA Lembaga Adminitasi Negara (LAN) Jurusan Adminsitrasi pelayanan Kesehatan (APK) pada Wisuda tahun 2018.

    drg Andi Fatahuddin mengatakan, penelitian dilakukan antara Bulan April hingga Bulan Juli 2018 lalu. Menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pola pendekatan kuantitatif yang digunakan sebagai upaya pencarian data atau informasi dari realitas permasalahan.

    "Mengacu pada pembuktian konsep atau teori pendekatan yang digunakan adalah `Satrianegara dalam Herlambang (2016:28-29) merangkum 9 (Sembilan) dimensi penilaian mutu pelayanan Puskesmas," kata drg Andi Fatahuddin.

    Lanjut drg Andi Fatahuddin mengurainya, 9 Dimensi penilaian mutu pelayanan Puskesmas mulai dari Aspek kemanfaatannya, Ketepatan atau keakuratan pelayanan, Ketersediaannya pelayanan kesehatan yang dibutuhkan,Keterjangkauan pasien dalam mendapatkan pelayanan,Kenyamanan dalam mengakses maupun menerima layanan.

    "Dan Terciptanya hubungan interpersonal yang baik, Ketepatan waktu pelayanan,Pelayanan kesehatan yang berkesinambungan, dan Pelayanan tersebut dapat dipertanggungjawabkan," ujar Sekretaris PDGI Wajo ini.

    Teknik sampling dengan Simple Random Sampling yang sebelumnya dilakukan penentuan besaran jumlah sampel dari populasi secara keseluruhan dengan menggunakan metode slovin dengan nilai p<0,05 atau tingkat kesalahan sebesar 5 persen.

    Penelitian juga dilakukan dengan melibatkan 112 responden penelitian dengan instrumen kuisioner dilanjutkan kemudian 12 responden dan petugas Puskesmas dengan wawancara yang mendalam.

    Selanjutnya untuk dukungan hasil tersebut dilakukan observasi pada SARPRAS layanan Puskesmas yang disertai dengan telaah Dokumen kinerja Puskesmas tahun 2017 dan hasil akhir menunjukkan angka 89.30 Persen = Sangat Memuaskan pada kategori skala likert.

    Meskipun jarak berjarak 79 KM dari ibukota kabupaten Wajo dengan jangkauan wilayah kerja Puskesmas sangatlah luas, yakni sebanyak 27 Desa/ Kelurahan dengan estimasi 88 Dusun/Lingkungan yang disertai kepadatan jumlah penduduk kurang lebih 42,422 orang.

    "Akan tetapi Puskesmas Pitumpanua tetap mampu melakukan pelayanan yang terbaik, tentunya hal ini tidak terlepas atas dukungan lintas Sektor Pemerintah setempat mulai pemerintah kecamatan sampai ke pemerintah desa bahkan pada hubungan lintas sektor lainnya," tutup Alumni LK III (Advance Training ) HMI Ini.

    Penulis: Risal
    Editor: Abhy
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Daerah

    +