Iklan

Kamis, 15 November 2018, 09:55 WIB
BencanaGempaMamasaPeristiwa

Pemkab Imbau Warga Kembali Ke Rumah, Mamasa Kembali Diguncang 5,5 SR

SOPPENGTERKINI.COM,SULBAR -- Pemerintah Kabupaten Mamasa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),Rabu kemarin (14/11/2018) menghimbau warga kembali ke rumah masing-masing, Mamasa malah kembali diguncang gempa.
 
Gempa Bumi tektonik berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR), kembali mengguncang kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) pada pukul 07:01:21 Wita, Kamis pagi 15/11/2018.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempabumi terletak pada koordinat 2,95 LS dan 119,41 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 5 Kilometer arah timur Kota Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulbar dengan kedalaman 10 Kilometer.

Dengan memperhatikan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi di Mamasa ini merupakan jenis gempabumi dangkal. Dan dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Kabupaten Mamasa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme turun.

Guncangan gempa bumi yang kesekian kalinya ini dilaporkan dirasakan di daerah Mamasa hingga di Toraja dalam skala intensitas IV MMI serta Mamuju III MMI. Dan hingga pukul 07.24 Wita, dari hasil monitoring BMKG menunjukkan dua aktivitas gempabumi susulan (aftershock)

Dan kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Namun, hingga saat berita ini didirilis, belum diketahui dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Data BMKG Kabupaten Mamasa menyebutkan dalam sepekan terakhir Mamasa diguncang gempa pengungsi tersisa 8000 ribu jiwa dari jumlah totoal sebelumnya mencapai 18 jiwa mengisi posko-posko pengungsian.

Penulis: Risal
Editor: Abhy