Pakai `Lipa Sabbe` Hari Jadi Wajo ke 619 Pecahkan Rekor Muri

Pakai `Lipa Sabbe` Hari Jadi Wajo ke 619 Pecahkan Rekor Muri

WAJO - Pawai Lipa Sabbe pada puncak peringatan Hari Jadi Wajo (HJW) yang ke 619, tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (Muri), Kamis (29/3/2018).

Manager Muri Andre Purwandono mengatakan pawai Lipa Sabbe telah memecahkan rekor pemakai sarung khas daerah terbanyak, Muri mencatat sekitar 12.331 peserta pawai tersebut.

"Jumlah tersebut sangat drastis dibanding usulan jumlah awal yaitu hanya 3.000 pemakai sarung saja," kata Andre Purwandono di depan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru, Wakil Bupati Wajo Andi Syahrir Kube, serta pejabat dan hadirin lainnya.

Bukan hanya sepanjang sejarah peringatan Hari Jadi Wajo, pawai dengan menggunakan sarung asli buatan daerah baru pertama kali digelar di Indonesia. Dan bahkan pawai Lipa Sabbe memecahkan rekor dunia.

Lipa sabbe merupakan bahasa bugis yang artinya sarung sutera. Dan Kabupaten Wajo dikenal sebagai daerah penghasil kain dan sarung sutera terbesar di Sulawesi Selatan.

Lipa sabbe dengan berbagai corak tampak elok digunakan para peserta pawai, yang dipadukan dengan atasan baju bodo oleh wanita dan jas tutup bagi pria.

Editor: Rusman